Jalur Pendakian Gunung Kembang via Lengkong Yang Wajib Diketahui

Jalur Pendakian Gunung Kembang via Lengkong | Cerita Pendaki - Gunung Kembang ini adalah anak dari gunung Sindoro, sebab ada di bawah tepat gagahnya gunung Sindoro. Kenapa disebutkan gunung Kembang? sebab gunung ini selalu berkembang dan tumbuh, terdaftar tinggi gunung ini ialah 2340 mdpl, tapi satu tahun awalnya cuman sekitar 2300 mdpl. Ini muncul karena perkembangan magma aktif di bawah tanah gunung kembang cepat sekali. Perubahan yang cepat sekali dari gunung berikut yang membuat gunung ini diberi nama gunung Kembang.

Cerita Pendaki
Jalur Pendakian Gunung Kembang via Lengkong

Basecamp Via lengkong berada di Desa Salaman, Desa Lengkong, Kecamatan Garung, kabupaten Wonosobo. Umumnya, beberapa pendaki cenderung pilih pendakian Via Blembem. Tapi, jalur ini lebih memikat untuk di daki. Kamu dapat menempuhnya lewat Wonosobo lebih dulu.

Sesampai di terminal kamu dapat memakai mobil sewa yang akan mengantarmu ke arah posisi. Harga kontraknya dimulai dari 400 beberapa ribu saja. Nah di Basecamp ini, kamu akan mendapati sebuah rumah. Sayang, untuk warung dan tempat istirahat di basecamp ini masih terbatas.

Kemungkinan, beberapa waktu kedepan akan diatur secara baik. Harga simaksinya sendiri 10 ribu rupiah per pendaki. Lebih dianjurkan untuk naik kendaraan umum dibanding kendaraan individu. Sesudah kamu di data dengan memperlihatkan KTP tiap pendaki, kamu dapat mendaki ke arah pucuknya.

Jalur pendakian gunung Kembang ada 2 yakni jalur pendakian via blembem dan jalur pendakian via lengkong. Sesudah bercakap dengan masyarakat disana, gunung Kembang ini benar-benar mistis, dan satu jalur yang lain via lengkong itu disebutkan jalur pendakian spiritual. Untuk argumennya saya tidak demikian kepo sama masyarakat seputar. Jadi cukup tahu saja, kemungkinan kalian tahu kenapa dapat disebutkan jalur pendakian religius?

Jalur Pendakian Gunung Kembang via Lengkong

Ke arah Pos satu, kamu akan diberi dua opsi, dapat memakai ojek yang telah disiapkan pada harga 20 ribu rupiah. Jika kelompok dapat tambah murah, sebab akan disiapkan mobil pick up pada harga 100 ribu rupiah untuk 10 ribu rupiah saja. Jika jalan kaki, perjalanan akan tempuh waktu lebih kurang 1 jam 10 menit.

Di mana, kamu dapat melewati perkebunan masyarakat dengan pemandangan hijaunya yang mengagumkan. Tempat Pos 1 atau gerbang alas lumayan luas. Umumnya, beberapa pendaki istirahat seputar 10 menitan di sini. Tapi, untuk kamu yang naik ojek, umumnya akan langsung meneruskan perjalanan.

Ke arah pos 2 perjalanan mulai naik dengan jalanan telah seperti tangga yang akan mempermudah kamu khususnya beberapa pendaki pemula. Tapi, sesudah 30 menit berjalan kamu akan mendapati jalur Gunung Kembang yang sesungguhnya dengan tanjakan yang membuat napas kamu mulai tersengal-sengal.

Cerita Pendaki
Cerita Pendaki di Gn. Kembang via Lengkong

Antara pos 1 dan 2 kamu akan datang di pos bayang-bayang namanya pakis suri yang dapat dipakai beberapa pendaki untuk istirahat. Sebab sesudah ini kamu akan datang di tanjakan gede, yang membuat lutut kamu makin lemas. Dengan waktu pintas lebih kurang 1 jam 50 menit.

Di Pos 2, tidak ada pertanda untuk menderikan tenda. Jadi, kamu dapat istirahat dan meneruskan perjalanan ke arah pos 3. Di sini, kamu dapat mendapati Tanjakan Sakit hati, di mana track yang akan kamu jumpai naik tiada henti. Umumnya, hal paling sulit di sini ialah kabut-kabut yang pekat.

Berhati-hati juga dengan adanya banyak beberapa beberapa pohon yang roboh yang membuat kamu harus melonjak. Tapi, jangan sampai berserah ya, sebab ke arah puncak kamu cuman memerlukan waktu lebih kurang 30 menit kembali.

  • Daya tarik Puncak

Daya tarik pucuknya memang lumayan mengagumkan. Di mana, kamu dapat menyaksikan tempat yang lumayan luas. Peluang dapat untuk 10 tenda sampai 20 tenda. Jadi, kamu tak perlu takut jika tidak kebagian tempat.

Cerita Pendaki
Puncak Gunung Kembang via Lengkong

Daya tarik puncak Gunung Kembang memang mengesnkan dengan panorama Gunung Sumbing dan Sindoro yang istimewa di muka mata. Disamping itu, sekitarnya kamu bisa juga menyaksikan pemandangan pegunungan di daratan tinggi dieng yang tidak pernah dapat kamu lupakan.

Sayang, Gunung Kembang jadi salah satunya lokasi yang tersering dikerumuni kabut dan badai. Jadi, mencari saat yang betul-betul baik untuk dapat menyaksikan daya tarik Gunung Kembang yang sesungguhnya.

Catatan Di Gunung Kembang

Keseluruhan perjalanan yang diperlukan lebih kurang 4 jam sampai 5 jam saja. Dan waktu turunnya seputar 2 jam sampai 3 jam. Satu perihal yang perlu kamu lihat di jalur ini akan keadaannya yang cukup licin. Ditambah lagi jika hujan lebat tiba. Disamping itu, janganlah lupa untuk membawa perbekalan yang cukup sebab, tidak kamu jumpai satu juga sumber mata air. Jadi, siap mendaki Gunung Kembang Via Lengkong?